Jumat, 20 Oktober 2017

Kebenaran Dan Kebetulan


KEBENARAN DAN KEBETULAN

Laporan Mata Kuliah Agama (islam)

Dalam kehidupan sehari hari pasti kita sering menemukan kebenaran dan kebetulan, namun sebenarnya dari dua kata itu saling memiliki arti atau makna yang berbeda, misalnya seperti kebenaran, kebenaran adalah suatu fakta yang memiliki bukti yang jelas dan dapat terjadi berulang ulang sedangkan kebetulan adalah suatu keadaan yang tanpa sengaja terjadi dan hanya dapat terjadi sesaat. 
Kebenaran adalah sesuatu yang bisa dipertanggung jawabkan. Secara etimologi Lafadz "hak" memiliki beberapa arti : Pertama, Ketetapan dan kepastian, sebagaimana disebutkan dalam QS Yaasin ayat 7 : 
لَقَدْ حَقَّ الْقَوْلُ عَلَى أَكْثَرِهِمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ
Sesungguhnya telah pasti berlaku perkataan (ketentuan Allah) terhadap kebanyakan mereka, karena mereka tidak beriman. 
Kedua, Menetapkan, mnjelaskan  dan Kebenaran (Islam) sebagaimana dalam QS  Al-Anfal ayat 8 : 
لِيُحِقَّ الْحَقَّ وَيُبْطِلَ الْبَاطِلَ وَلَوْ كَرِهَ الْمُجْرِمُونَ
…agar Allah menetapkan yang hak (Islam) dan membatalkan yang batil (syirik) walaupun orang-orang yang berdosa (musyrik) itu tidak menyukainya.
Ketiga, Kewajiban, yaitu terdapat dalam QS  Al-Baqarah ayat 241 : 
وَلِلْمُطَلَّقَاتِ مَتَاعٌ بِالْمَعْرُوفِ حَقًّا عَلَى الْمُتَّقِينَ
Kepada wanita wanita yang diceraikan (hendaklah diberikan oleh suaminya) mut`ah menurut yang ma`ruf, sebagai suatu kewajiban bagi orang-orang yang takwa.  
Kesimpulannya adalah bahwa lafadz "hak" secara bahasa mempunyai beberapa makna, yaitu : kepastian, kebenaran (lawan dari batil), bagian tertentu dan ketetapan atas sesuatu. Adapun secara istilah "hak" adalah "Keistimewaan yang ditetapkan oleh syariat berupa kekuasaan atas sesuatu", dalam pengertian yang lain yaitu "Beban syariat yang dikenakan kepada seseorang". Ada dua pengertian hak yang disebutkan oleh para ulama, yaitu hak yang berarti kekuasaan yang dimiliki oleh seseorang dan hak yang berarti al-hukmu yaitu Khitab(hukum-hukum) Allah yang berkaitan dengan amalan-amalan hamba yang berupa tuntutan, pilihan dan wadh'i.
Kebenaran yang ada diilmu pengetahuan sifatnya masih sementara sebelum ada atau ditemukan bukti baru. Artinya mereka-mereka yang belum yakin terhadap kebenaran yang datangnya dari Allah akan membuktikannya terlebih dahulu sebelum mereka benar-benar mempercayainya.      Sebagai contoh kebenaran yang terkait dengan kehidupan manusia tentang teori evolusi manusia yang menuai kontroversi yang berawal dari teori evolusi Darwin yang menjelaskan bahwa manusia awalnya menyerupai kera bahkan sama dengan kera. Namun, sebagai umat Islam tidak boleh percaya dengan teori tersebut karena jika kita pikir lebih lanjut bahwa di Al-Qur’an telah dijelaskan di Surat Al Hijr (Qs 15). Manusia diciptakan Allah Swt. dari lumpur hitam yang diberi bentuk dan diberi ruh. Bukannya berasal dari kera yang berevolusi.      “Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: ‘Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk, Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan ke dalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud.” (Qs 15:28-29) Perkembangan berikutnya bisa dilihat di Surat An Nisaa’ (Qs 4). Dari diri nabi Adam lalu diciptakan isterinya, kemudian mereka berkembang biak sampai banyak. Dan sampai sekarang tidak berubah. Tidak ada evolusi genetika.      “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (Qs 4:1)      Dan terakhir kebenaran ilmiah mengenai penciptaan manusia di surah At-Tin 95:04 Allah berfirman “sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” (QS. 95:04)     Sudah jelas dalam Al-Qur’an bahwa Allah menciptakan manusia sudah dalam bentuk yang sebaik-baiknya jadi manusia itu tidak sama dengan kera dan hewan yang lainnya. 
Kebetulan adalah sesuatu yang belum tentu bisa dipertanggung jawabkan. M.Quraish Shihab dalam bukunya "Lentera Hati" mengemukakan bahwa: Suatu peristiwa yang tidak sejalan dengan kebiasaan atau terjadi secara tidak terduga biasa dinamai "kebetulan". Keterbatasan kemampuan dan pengetahuan mengantarkan kita untuk menamainya demikian, karena itu tidak ada "kebetulan" di sisi Allah, SWT. Bukankah Dia Maha Mengetahui, Maha Berkuasa, serta Pengendali dan Pengatur alam ini? Sebagian dari "kebetulan-kebetulan" itu tidak dapat ditafsirkan dengan teori kausalitas (sebab dan akibat).
 Allah, SWT adalah Maha Pengendali dan Pengatur alam ini, Maha segala-galanya. Semua peristiwa yang terjadi dalam kehidupan adalah dalam kendali dan takdir Allah, SWT. Segala sesuatu sudah dalam ketentuan-Nya, tidak ada yang kebetulan. Semua hal yang terjadi di sekitar kita pasti ada tujuan yang sudah ditentukan 0leh Allah, SWT. Mari belajar bersyukur untuk semua nikmat yang telah Allah, SWT berikan pada kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar