Jumat, 20 Oktober 2017

Manusia Makhluk Ibadat



MANUSIA MAKHLUK IBADAT

Tugas manusia di dunia adalah ibadah kepada Allah SWT, sebagaimana firman-Nya: 
وماخلقت الجن والانسالالتعبدون
"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku
[QS Al-baqoroh].
Meskipun merupakan tugas, akan tetapi pelaksanaan ibadah bukan untuk Allah karena Allah tidak memerlukan apa-apa. Ibadah pada dasarnya adalah untuk kebutuhan dan keutamaan manusia itu sendiri.  Lalu, mengapa manusia dikatakan sebagai mahluk ibadat? Ya, karena segala perbuatan yang dilakukannya adalah semata-mata hanya untuk mengharap ridho Allah. Meskipun tidak semua bisa berjalan sesuai kaidah. Karena manusia memang pada dasarnya diciptakan dengan banyak kekurangan. Manusia juga memiliki akal dan hawa nafsu yang terkadang sangat susah untuk dikendalikan. Berbeda dengan malaikat yang memang diciptakan hanya untuk mentaati segala perintah Allah. 
Manusia juga sudah dijelaskan dalam Al-Quran bahwa manusia adalah khalifah di bumi. Namun manusia pula yang akan merawat dan menyebabkan kerusakan di bumi. Semua bergantung pada manusia itu sendiri. Lantas, mengapa manusia bisa menyebabkan kerusakan di bumi padahal sudah jelas diterangkan bahwa manusia adalah khalifah di bumi?
Itu karena yang menempati bumi tidak hanya manusia, melainkan juga makhluk-makhluk lain seperti hewan, dan sejenis jin dan sebagainya. Jin yang senantiasa menyesatkan manusia. Jin yang sudah berjanji kepada Allah, bahwa akan terus menggoda manusia untuk terus berada di jalan yang salah. Mereka yang membisikkan kata-kata negatif yang menjurus pada perbuatan dosa. Nah, sekarang hanya bergantung pada diri kita sendiri. Bagaimana cara kita untuk bisa menahan diri melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat, bahkan menjurus ke perbuatan dosa dan bagaimana cara kita untuk tetap memperkuat iman serta menjaga segala perbuatan baik agar senantiasa istiqomah di jalan yang benar.
Ibadat Mahdhah memiliki 4 prinsip yaitu: 
· Keberadannya harus berdasarkan dalil perintah : Jadi diharapkan beribdah jika tidak ada dalil atau perintah, baik itu dalil didalam Al-Quran atau didalam sunnah
· Tata caranya harus berpola kepada Rasul Saw. dan salah satu Allah mengutus Rasul adala untuk memberi contoh. 
وماارسلنا من رسول الا ليطاع باذن الله … النسآء
 Dan Kami tidak mengutus seorang Rasul kecuali untuk ditaati dengan izin Allah… 

 وما آتاكم الرسول فخذوه وما نهاكم عنه فانتهوا…                                                                                                   
Dan apa saja yang dibawakan Rasul kepada kamu maka ambillah, dan apa yang dilarang, maka tinggalkanlah
·  Bersifat supra rasional artinya ibadah mahdhah penekanannya bukan dari mengerti atau tidaknya tetapi ibadah mahdhah harus sesuai dengan syariat. Atas dasar ini maka ditetapkan oleh syarat dan rukun yang ketat
·  Asasnya ''taat'' artinya hamba dalam menjalankan ibadah mahdhah adalah kepatuhan dan ketaatan dimana hamba harus meyakini apa yang telah diperintahkan oleh Allah SWT semata-mata untuk kepentingan dan kebahagiaan hambanya. dan salah satu tujuan utam diutus Rasul adalah untuk dipatuhi

Ibadah Ghairu Mahdhah : Ibadah Ghairu mahdhah  atau umum ialah segala amalan yang diizinkan oleh Allah. Misalnya yaitu berdzikir, belajar, bertaqwa dan yang lainnya.

Ibadah Ghairu Mahdhah memiliki 4 prinsip yaitu : 
· Keberadannya tidak berdasarkan dalil yang melarang. artinya Allah dan Rasul memperbolehkan ibadah tersebut selama ibadah tersebut tidak dilarang oleh Allah. Dan ibadah dapat dilaksanakan selama ibadah tersebut tidak haram
· Pelaksanaanya tidak berpola kepada Rasul. Artinya ibadah yang dilaksanakan jika tidak pernah dicontohkan rasul tidak apa-apa untuk dijalankan
· Bersifatrasional.  Artinya Ibadah tersebut jika buruk , tidak ada manfaatnya dan diluar akal sehat maka tidak diperbolehkan. Dan sebaliknya jika ibadah tersebut baik, banyak manfaatnya dan masuk akal sehat maka ibadah tersebut diperbolehkan
· Asasnya ''' manfaat '' . artinya selama ibadah tersebut bermanfaat maka ibadah tersebut diperbolehkan


Dan dalam pelaksanaanya ibadah harus mengkombinasikan antara Ilmu, Iman, dan Amal. Ketiganya harus sejalan. Ketika seseorang mengatakan dirinya beriman maka dia harus berilmu. dan begitu pula man dan Ilmu ika tidak diamalkan maka tidak lengkap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar